Mobile Menu

navigasi

More News

5 Hal yang wajib diketahui pengendara Wanita

April 01, 2021

 


Top Speed Indonesia- Dilansir dari Kompas.com ada beberapa hal yang sebaiknya selalu dilakukan seorang Wanita dalam mengendarai mobil. Ini bukan karena ingin membeda-bedakan gender, namun ada kalanya antara Pria dan Wanita memiliki perbedaan sudut pandang dalam mengemudikan mobil.

Para pria cenderung menggunakan logika, sedangkan wanita lebih sering menggunakan perasaan. Untuk itu sudah pasti aka nada perbedaan keduanya ketika berada dibalik stir mengemudi.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa wanita memiliki persentase angka kecelakaan lebih kecil dibandingkan pria. Namun bukan berarti wanita lebih aman, karena mereka memiliki kebiasaan yang cenderung buruk dalam berkendara.

"Kecelakaan serius memang lebih sering didominasi pengemudi pria ketimbang wanita. Tapi, wanita juga memiliki beberapa sifat buruk yang sadar tidak sadar bisa berdampak fatal," ungkap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) dilansir kompas.com.

Jusri menjelaskan bahwa perilaku buruk yang dilakukan saat berkendara mungkin tidak disadari oleh wanita. Perilaku acuh tak acuh dalam berkendara bisa berakibat fatal, tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk para pengguna jalan yang lain.

"Pengemudi wanita sering pelan, tapi pelan pun bukan selalu berarti aman, begitu juga dengan bergerak dengan tiba-tiba bisa berakibat merugikan kita maupun orang lain sesama pengguna jalan," lanjutnya.

Untuk itu Jusri memberikan 5 Hal yang wajib diperhatikan saat berkendara, tidak hanya bagi kaum Hawa namun semua orang pun wajib memerhatikannya.

1.       Sebelum berkendara hendaknya mengatur posisi duduk yang nyaman dan juga aman. Hal ini untuk memenuhi syarat ergonomic, dan juga membantu anda lebih responsive apabila terjadi kejadian yang tidak diinginkan ketika berkendara.

2.       Saat berjalan, selalu perhitungkan pergerakan yang ada. Perhatikan lingkungan dan tunjukan pengendara yang lain untuk mengertahui bahwa anda bergerak atau manuver (menggunakna lampu sein atau klakson)

3.       Lakukan prosedur pengereman yang baik, tidak secara mendadak maupun melakukan pengereman kasar meskipun keadaan jalan bukan dalam kondisi darutat.

4.       Saat berganti jalur, perhatikan Spion, gunakan lampu sein yang benar dan pastikan melihat tujuan yang kan dituju.

5.       Saat akan melakukan putar balik, ambil sudut yang terkecil. Sebab jika mengambil sudut  yang lebar maka ruang untuk pengguna jalan lain lewat akan semakin terbatas. Sehingga potensi kecelakaan disana semakin besar (Penulis: Rifqi Azis/Sumber: kompas.com)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment