Mobile Menu

navigasi

More News

Honda Recall 3200 unit motor mereka karena masalah reflector

May 21, 2021


 Topspeed Indonesia - Honda Motor Thailand, belum lama ini mengeluarkan surat edaran untuk memanggil kembali (recall) 32.000 motornya yang harus mendapat pergantian reflektor. Terdapat total ada 11 model Honda yang terkena recall dan Honda Rebel 500 salah satunya.

 

Dilansir dari Response, pada 8 Mei 2021 silam, HondaThailand melaporkan kepada Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Pariwisata dan Transportasi setempat untuk melakukan program recall terhadap sebagian model Honda yang beredar.  

 

Masalah recall ini terjadi dikarenkana bagian reflector yang dianggap menjadi standar keamanan.

 

"Targetnya ada 11 model yang mendapat program recall ini, ada Honda Rebel 250, Rebel 500, Monkey 125, CRF250L, CRF250 Rally, Grom, Super Cub C125, CBR400R, CBR650R, CB650R dan 400X. Unit ini adalah yang merupakan unit produksi dari mulai 6 Januari hingga 1 Maret 2021," tulis Response.

Untuk pengguna motor honda yang di recall, akan mendapat penggantian part reflector secara Cuma-Cuma. Reflector yang dimaksud ialah reflector bagian belakang di antara lampu sen ditengah.

 

"Beberapa kendaraan (yang di-recall) memiliki permukaan reflektor yang tidak dibentuk dengan benar. Oleh karena itu, pantulan cahaya dapat tersebar dan tidak sesuai dengan standar keselamatan Pasal 38 atau 63 yang mengatur tentang standar reflektor belakang," tulis Response.

 

Meskipun tidak sesuai dengan standar keselamatan yang ada, namun belum dilaporkan adanya kecelakaan atau kerusakan yang terjadi. "Adanya program recall ini, terjadi atas indikasi dari otoritas di luar negeri dan adanya informasi dari perusahaan afiliasi (Honda)," tulis Reponse.

 

Dari 11 model yang terkena program recall Honda Thailand ini, beberapa model dijual resmi oleh Astra Honda Motor selaku APM dari Honda di Indonesia. Di antaranya Honda Super Cub C125, Monkey, CRF250 Rally, CB650R, dan juga Rebel.

 

Belum diketahui apakah unit yang dijual di Indonesia terdampak recall atau tidak. (rifqiazis/detikinet)

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment