Mobile Menu

navigasi

More News

SIM untuk motor akan diklasifikasikan

May 31, 2021


 

Topspeed Indonesia - Terdapat aturan baru tentang klasifikasi Surat Izin Mengemudi (SIM) sepeda motor berdasarkan kapasitas silinder mesin. Peraturan yang dikeluarkan oleh Polri ini, membagi klasifikasi SIM C menjadi SIM C, CI, dan CII.

 

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penerbitan dan Penandaan SIM.

 

Dalam peraturan tersebut yang terkandung dalam pasal 3 ayat 2, SIM C dibuat menjadi 3 golongan, yaitu SIM C, SIM CI, dan SIM CII.

 

Untuk SIM C, berlaku untuk pengemudi motor dengan kapasitas silender mesin dibawah 250cc. Kemudian untuk SIM CI berlaku untuk pengemudi motor dengan mesin bersilinder 250cc hingga 500cc. Dalam peraturan ini juga tertulis bahwa SIM CI juga berlaku untuk pengemudi motor sejenis yang menggunakan daya listrik.

 

Terakhir SIM CII untuk pengemudi motor dengan mesin bersilender diatas 500cc yang biasa disebut MOGE (MotorGede). Sama seperti CI, SIM CII juga tertulis dipakai 'ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik'.

 

Berdasarkan Pasal 3 Ayat 8 ditetapkan syarat untuk memiliki SIM CI, yakni memiliki SIM C dan telah digunakan selama 12 bulan sejak diterbitkan.

 

Sementara pembuatan SIM CII harus memenuhi ketentuan memiliki SIM CI dan telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM CI terbit.

 

Syarat lain pembuatan yakni soal usia yang terdapat pada Pasal 8. Usia minimal pembuatan SIM C yaitu 17 tahun, SIM CI minimal 18 tahun, dan SIM CII minimal 19 tahun. (rifqiazis/CNN Indonesia)

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment